Halaman

Selasa, 28 November 2023

Yayasan Al Ikhlas Bintaro

 

Yayasan Al Ikhlas Bintaro
Lembaga Pengembangan Metode Al Ikhlas

Jl. Bintaro Utama I, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15412

Yayasan Al Ikhlas Bintaro

Sejarah Singkat Metode Al Ikhlas

Berdasarkan pengalaman mengajar yang lebih dari 10 tahun  dengan beberapa metode mengajar membaca Al-Quran bagi pemula. Kami para guru dipimpin  ketua Yayasan, Ibu Dra. Hj. Dian M Ruchyat, S.Pd menunjuk 5 guru untuk menyusun metode membaca Al-Quran bagi pemula, kami bertukar pikiran untuk menyusun metode yg lebih efisien , mudah dan cepat sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dengan mengkondisikan lingkungan bintaro yang kemudian kami beri nama Metode Al Ikhlas disesuaikan dengan nama TPA kita.

Metode Al Ikhlas terdiri dari 4 buku a 36 hal. Dengan 4 buku ini diharapkan santri lebih cepat selesai dan bisa baca Al-Quran dengan tajwid yang benar. Dengan tingkat kesulitan dari mudah dengan grafik terus naik diharapkan santri memiliki kemampuan yang terus meningkat.

 

Tim Penyusun Metode Al Ikhlas

Ketua: Dra. Isna Hidayati

Anggota; Dra Nurul Nashihah

                Dra Muslikhah

    Drs Aminudin

    Drs Jufri Halim, MAq

 

Tujuan Metode Al Ikhlas

1. Syiar islam bahwa belajar baca Al-Quran itu mudah dan menyenangkan, agar semakin banyak orang yang termotivasi untuk belajar dan akhirnya semakin banyak orang mendekat dan mencintai Al-Quran.

2. Mengajarkan (pengajar atau pelajar) dan memelihara cara baca Al-Quran dengan benar dan mudah dengan pengajar mencari teknik-teknik yang terbaru untuk diberikan pada para santri (peserta didik).

3. Memberikan cara baca termudah dan alternatif bagi santri dan calon santri yang akan mempelajarinya.

4. Mengabadikan berbagai kasus dan pengalaman dalam sebuah buku, agar dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh generasi berikutnya, atau bagi mereka yang bermaksud untuk mempelajarinya.

 

Keunggulan Metode Al Ikhlas

1. Berpusat pada potensi (kelebihan dan kekurangan santri) dan kondisi santri (peserta didik), bahwa peserta didik memiliki keunikan, sebab mereka adalah manusia.

2. Buku Al Ikhlas dibuat sebanyak 4 jilid dan dilakukan berdasarkan pada pengelompokan dan klasifikasi tulisan serta bagian-bagian yang termudah, terbanyak, dan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dialami santri. Sedikitnya jilid dan pengelompokkan diharapkan memudahkan dan mempercepat santri menguasai baca Al-Qur’an.

3. Mempertimbangkan kecerdasan pengajar di dalam melihat kelemahan peserta didik yang sering mengemuka, memberikan pola yang memudahkan dan menyenangkan santri, peka terhadap keadaan peserta didik, selalu terbuka cara dan pola baru yang mengakibatkan santri lebih mudah mempelajarinya, dan seta istiqomah pada suatu keinginan keberhasilan peserta didik di dalam menguasai baca Al-Qur’an dengan benar dan mudah.

4. TPA yang telah menggunakan Metode Al Ikhlas:

TPA Al Ikhlas Bintaro Jaya

TPA Masjid Raya Bani Umar

Majlis Ta’lim Masjid Raya Bani Umar

TK Pagi Bani Umar

TPA Al-Khoiriyah, Kampung Utan

TPA Nurus Shomad

TPA Nur Ramadhan

TPA Al Mustaqim

TPA Mau’idzatul Hasanah

TPA Al Khairiyah

TPA Al Muttaqin

TPA Nurul Jannah

TPA Nurul Yaqin

 

Apa Saja yang Dipelajari Jilid 1-4?

Jilid 1

Mengenalkan huruf hijaiyah (berharokat dan tidak), huruf lepas, huruf sambung, menguasai huruf, hafal dan betul makhrajnya.

Jilid 2

Mengenalkan bacaan panjang dengan alif dan fathah panjang, huruf berharakat kasrah, bacaan panjang dengan ya sukun dan kasrah panjang, huruf berharakat dhommah, bacaan panjang dengan wawu dan dhommah panjang, huruf berharakat fathah-tanwin dan kasrah tanwin, bacaan layinah (ai), huruf berharatkan dhommah-tanwin, bacaan layinah (au), nun sukun dan mim sukun, dan Al qamariah.

Jilid 3

Mengenalkan bacaan qalqalah, huruf mati selain huruf qalqalah, perbedaan ‘ain hamzah, kaf qaf mati, huruf bertasydid, al syamsiah, idghom bigunnah dan bilagunnah, lafdzul jalalah tafkhim dan tarqiq, iqlab, idzhar, ikhfa.

Jilid 4

Mengenalkan cara waqof, hukum mad wajib mutthasil, hukum mad jaiz munfasil, hukum mim sukun, hukum mad lazim mutsaqol kilmi, hukum bacaan ana, waqof qalqalah, wakof huruf bertasyid, tanda waqof, nun wiqoyah, fawatu hushuwar, idzar wajib.


Guru TPA Al Ikhas Bintaro

No.

Nama

Jenjang Karir

1.

Ida Amaliah, S.Pd.I

34 tahun

2.

Dra. N. Iyet Nurhayati

30 tahun

3.

Dra. Isna Hidayati

28 tahun

4.

Nurjannah S.Ag.

28 tahun

5.

Dra. N. Nashihah

27 tahun

6.

Aidul Fitri Adinur S.Sos.I

15 tahun

7.

Mohammad Zakki, S.Hum

9 tahun

8.

Shibgotalloh Al Haq, S.Pd.I

9 tahun

9.

Yuniarti Dwi Siyamsari, S.Pd.Paud

9 tahun

10.

Qonita Mardhotillah Alkautsar

3 tahun

11.

 Nuris Fakhma Hanana, S.Psi.

1 tahun

12.

 Maulidia Royhana, S.E

2 bulan



Jumlah Santri TPA Al Ikhlas Bintaro Tahun Ajaran 2023-2024

TK: 33 santri

SD: 73 santri

Total 106 santri

 

Program Yayasan Al Ikhlas Bintaro

1. Khataman

Kami Tim Metode  Al Ikhlas sebagai metode yang mengajarkan cara baca Al-Qur’an dengan benar sehingga selesai jilid 4. Oleh karena itu kami akan mengevaluasi hasil jerih payah para guru dalam mengajarkan Metode Al Ikhlas dengan mengadakan khataman dasar jika sudah menyelesaikan jilid 4, menengah jika sudah menyelesaikan Al-Qur’an di atas 10 Juz dan atas jika sudah menyelesaikan Al-Qur’an 30 Juz. Khataman di adakan bersama beberapa TPA yang menggunakan Metode Al Ikhlas.

 


2. Bazar Amal Ramadhan

Untuk menyambut ramadhan selama sebulan penuh kami TPA Al Ikhlas Bintaro mengadakan berbagai macam kegiatan selama bulan ramadhan berlangsung seperti halnya Bazar Amal Ramadhan. Bazar tersebut dibuat dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Ramadhan dengan memberi santunan untuk yatim dan dhuafa.

 


3. Pesantren kilat

Dalam rangka memotivasi santri mengisi bulan suci Ramadhan 1438 H dengan kegiatan yang positif, TPA Al Ikhlas Bintaro menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadhan, untuk menambah pengetahuan agama Islam dan pengetahuan umum bagi santri, agar santri dapat membentengi diri dengan akhlaq terpuji.

 


4. Pelatihan Metode Al Ikhlas

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas baca dan untuk menyeragamkan bacaan para guru dalam Metode Al Ikhlas, Lembaga Pengembangan Metode Al Ikhlas menyelenggarakan pelatihan.

 


 5. Memperingati Tahun Baru Islam

Dalam rangka menyambut tahun baru islam 1 Muharram, diadakan pawai (jalan santai) guru dan santri di lingkungan sekitar Masjid Jami Bintaro Raya untuk mengingatkan pda masyarakat sekitar masjid, untuk memeriahkan acara di isi dengan tausiah dan games. acara ini dilaksanakan agar santri TPA Al Ikhlas Bintaro semakin mencintai agama islam.



Informasi Pendaftaran

Biaya Pendaftaran

Pendaftaran : 50.000

SPP 1 Bulan : 100.000

Uang buku paket : 100.000

Uang raport (digital) : 50.000

Total 300.000

 

Harga seragam TPA Al Ikhlas Bintaro

S. 120.000

M. 130.000

L. 140.000

XL. 150.000

XXL. 160.000

XXXL. 170.000


Lihat juga prosesi wisuda khataman Al-Qur'an


Baca juga Apa Saja Keutamaan Membaca Al-Qur'an

33 komentar:

  1. Wahh ternyata lengkap sekali kegiatan di yayasan al-ikhlas bintaro

    BalasHapus
  2. Kontennya cukup lengkap dan informatif sehingga sangat membantu bagi siapa saja, terutama pengelola TPQ/TPA yg akan menerapkan metode membaca Al Quran, Metode Al Ikhlas, yg bagus itu.

    BalasHapus
  3. Kontennya cukup lengkap dan informatif sehingga sangat membantu bagi siapa saja, terutama pengelola TPQ/TPA yg akan menerapkan metode membaca Al Quran, Metode Al Ikhlas, yg bagus itu. *nurudin

    BalasHapus
  4. Masyallah... berkah terus dalam membumikan Al Quran .. 🀲🀲

    BalasHapus
  5. alhamdulillaah.....tks utk profil TPA al ikhlas nya mba qonita.. yuuk di KEPOIN...kegiatan dan METODE ALIKHLASNYA ..bagi AYAH BUNDA yg mau anaknya insyaa Allah belajar quran dgn baik dan benar ....
    datang, kunjungi dan daftarkan di sekretariatnya di masjid jami' bintaro jaya sek 1 (MJBJ).

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sudah bagus neng ,dan keren πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  7. Waaahh informasinya sangat lengkap, TPA Al Ikhlas bisa menjadi pilihan bagi ayah bunda yang ingin putra putrinya belajar Al Qur'an dengan tartil sejak usia dini...Sukses terus untuk TPA Al Ikhlas Bintrao Jaya.πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah.. Masya Allah Tabarokallah... Bagus dan sangat lengkap informasi nya ttg TPA Al-Ikhlas.. selamat ya neng qonit. Perbanyak lgi foto2 kegiatan KBM TPAnya neng.... πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  9. masyaAllah keren banget kak, bagus dan informatif 🀩♥️♥️

    BalasHapus
  10. Masyallah kak, TPA Al-Ikhlas sangat recommended yaa, apalagi programnya jugaπŸ’“

    BalasHapus
  11. Masyallah keren bgt TPA nya, informasi nya super lengkap makasih ya ka πŸ’“

    BalasHapus
  12. Masyaallah, Berkah selalu yayasan Al ikhlas semoga selalu dilancarkan setiap kegiatannya...aamiin

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, info yang rinci smg semakin maju dan berkah TPA nya...Aamiin

    BalasHapus
  14. Masya Allah semoga terus berkembang dan maju terus ya untuk yayasannya

    BalasHapus
  15. Masya Alloh ...Alhamdulillah...luarrr biasa....trm ksh atas informasi, program dan lain-lain, smg bisa menjadi contoh dan motivasi bagi TPA yg masih biasa saja...Smg semua yg terlibat di dalamnya Alloh balas dengan pahala keberkahan yg banyak, aamiin..

    BalasHapus
  16. waahh bagus-baguss bgtt programnyaaa

    BalasHapus
  17. Masya Allah keren banget TPAnya 😍

    BalasHapus
  18. Masyaallah.. Berkah selalu untuk TPA Al-Ikhlas Bintaro

    BalasHapus
  19. Masyaallah.. Semangat terus TPA Al-Ikhlas Bintaro

    BalasHapus
  20. masyaallah takbirr

    BalasHapus
  21. Wahh, Maa Syaa Allah bagus banget, berkah selalu untuk TPA Al Ikhlas Bintaro. Semoga guru guru yg mengajar selalu diberikan kesabaran dan sehat selalu πŸ–€

    BalasHapus
  22. masyaallah berkah selalu para pengajar dan semangat untuk adik” TPA Al-ikhlasπŸ™ŒπŸ»

    BalasHapus
  23. Maasyaa Allah tabarakallah.. sukses terus yaaa buat dek qonitaaa...✨

    BalasHapus
  24. MaasyaAllah byk bgt kegiatan yg diadakan TPA Al Ikhlas Bintaro..smoga semakin berkembang untuk metode Al Ikhlas nya..Aamiin

    BalasHapus
  25. Sukses selalu Yayasan Al-Ikhlas Bintaro✨

    BalasHapus
  26. Masya Allah.. sehat selalu untuk para pengajar berkah Dunia Akhirat ilmunya.. semangat untuk Ade-ade santri dan santriwati TPA Al ikhlas

    BalasHapus
  27. Masya Allah...lingkungan dan para pengajarnya bikin anak2 saya semangat dan betah belajar di TPA Al Ikhlas

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah lingkungan dan para pengajarnya baik sangat komunikatif

    BalasHapus
  29. Masyaa Allah..sangat baik krja sama guru2 nya...metode nya bgs ,barokallah ilmu nya..aamiin.

    BalasHapus

4 Sifat Nabi Menjadi Panutan Untuk Umat Manusia

Peneladanan Sifat Nabi Muhammad Dalam Perilaku Manusia ✨Assalamu'alaikum semua!✨ Saya mau rekomendasikan ke kalian bahwa ada 1 artikel s...