Halaman

Selasa, 05 Desember 2023

4 Sifat Nabi Menjadi Panutan Untuk Umat Manusia

Peneladanan Sifat Nabi Muhammad Dalam Perilaku Manusia



✨Assalamu'alaikum semua!✨

Saya mau rekomendasikan ke kalian bahwa ada 1 artikel seru yang membahas tentang kekasih hati saya, Nabi Muhammad SAW. Saya mau review artikel keren ini sehingga kalian tertarik untuk berkunjung link dibawah ini. 

Dalam islam, Pribadi Rosulullah selalu menjadi contoh untuk semua makhluk di muka bumi, terkhususnya manusia harus membulatkan niat di hatinya bahwa mengikuti sifat nabi adalah kunci. Sifat nabi adalah sifat manusia yang paling sempurna, tidak ada kekurangan sedikitpun di dalamnya, hati nabi bersih, perilaku nabi suci. Sehingga pantas kita jadikan panutan dalam aspek apapun. 

Apa yang bikin artikel ini menarik? Karena isi pembahasannya tentang Nabi Muhammad, lalu kenapa? Jawabannya Karena Nabi Muhammad manusia pilihan, Nabi Muhammad adalah manusia tapi bukan manusia biasa, spesial pokoknya. Nabi mempunyai sifat Ash-Sidiq (benar), Al-Amanah (dapat dipercaya), Al-Fathanah(cerdas), tabligh (menyampaikan). Isi Artikelnya begini gengs. 

Ash-Sidiq (benar) 
Kecerdasan manusia terlihat dari kejujurannya, integritas yang dilihat pada masyarakat menjadi peran penting dalam membawa diri dengan mahkota. Jujur berarti perkataan, perbuatan, dan isi hatinya sesuai dengan yang diajarkan islam, jujur adalah suatu kebenaran, janganlah kita menjadi orang yang berkhianat, karena sesulit apapun jalannya menjadi jujur adalah pilihan yang tepat. 

Al-Amanah (dapat dipercaya)
Sudah melekat pada diri Rosulullah bahwa mempercayainya adalah sebuah keharusan, tidak heran lagi karen Rosulullah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Rosulullah pekerja keras, konsisten dan berkompeten sehingga saat ada orang lain yang menitipkan barangnya, Rosulullah mengembalikan barang tersebut tanpa berkurang sedikitpun. Menjadi contoh untuk umat manusia bahwa apa yang bukan milik kita jangan kita ambil haknya. 

Al-Fathanah (cerdas) 
Kecerdasan tidak hanya tentang ilmu, tapi kecerdasan emosional, religius, sosial, dan lain-lain dibutuhkan. Cerdas membawa kita menjadi lebih pandai membuat kualitas diri menjadi lebih baik melalui jalan intropeksi diri. Kecerdasan membuat hati benar-benar mengetahui siapa Pencipta Alam ini, kalau sudah mengenal pasti akan lebih taat dan cinta kepada Sang Pemilik Semesta. Contoh kecerdasan Nabi adalah ketika ada sahabat atau kaum lain yang bertanya, pasti Rosulullah mampu menjawabnya dengan tepat. 

At-Tabligh (menyampaikan) 
Rosulullah terlahir sebagai Nabi terakhir, mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril berdakwah menyampaikan ajaran agama Islam yang penuh rahmat. Dalam menyampaikan ajaran agama Islam perlu adanya kemampuan komunikatif dan pandai bersosial. Menyampaikan sesuatu yg dibawa memang tidak mudah diterima masyarakat, tapi dengan berdakwah memperkenalkan dan mengajak orang lain mengenal islam terdapat pahala yang bisa kita raih. 

Kelebihan: Terstruktur kalimat yang disampaikan
Kekurangan: Isinya perlu di lengkapi lebih banyak lagi



🦋Judul: Implementasi Sifat-sifat Rosulullah Dalam Konseling Behavior
🦋Penulis: Zaen Musyirifin
🦋Volume: 11 
🦋Nomor: 2
🦋Halaman: 151-160
🦋Waktu: Juli-Desember 2020
🦋P-ISSN: 2086-1257
🦋E-ISSN: 2685-8579
🦋DOI:10.15548/jbki.v11i2.2088
🦋URL: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/2088

Lihat juga penjelasan dari channel Al-Fachriyah ceramah Habib Jindan Bin Novel Bin Salim Bin Jindan







Senin, 04 Desember 2023

Emang boleh ke perpustakaan sesering ini?

Program Literasi Di Perpustakaan SMAN 86 Jakarta

Edisi SMAN 86 Jakarta, tempat ini adalah bagian dari kisah hidup saya, tempat saya menimba ilmu pada masa peralihan remaja ke dewasa, dengan perasaan bahagia sedih, marah, takut, percaya diri, bangga saya menjalani hari-harinya. Di sekolah saya menimba ilmu, banyak hal yang saya sukai selama masa putih abu, salah satunya adalah ilmu yang diterapkan para guru dan semangat belajar para guru yang menular, sehingga saya mempunyai rasa ingin tahu lebih mengenai berbagai ilmu yang sangat luas di dunia ini, sumber ilmu itu terdapat di buku dan kumpulan buku berada di perpustakaan. 

Perpustakaan menjadi pilihan yang nyaman untuk didatangi selain karena fasilitas perpustakaan di sekolah saya memadai, bau buku juga mampu menghipnotis kemauan saya untuk berlama-lama duduk meskipun tak membaca buku. terdapat sebuah perpustakaan kecil di sekolah ini namun tahun 2023 sudah di sulap menjadi 2x lebih besar, letak perpustakaan ini di ujung lorong persis samping kantin dengan makanan dan minuman yang enak-enak.

Program literasi merupakan salah satu program yang kini seharusnya terus digaungkan karena manfaatnya yang cukup penting. Program literasi ini merupakan gerakan literasi yang bisa dilakukan di sekolah, komunitas, dan lingkungan sekitar demi mendukung peningkatan minat baca masyarakat dan juga mengasah keterampilan menulis.

Serunya adalah SMAN 86 membuat program yaitu mata pelajaran literasi, program ini di tujukan untuk kelas 11 dan 12, membaca sesuai tema yang diberikan oleh staff perpustakaan misalnya ada tema sejarah, kesehatan, dll. Siswa diberi waktu membaca pada jam 08.00-11.00, sebelum jam waktu pengumpulan siswa diwajibkan membuat ringkasan bacaan dan hasilnya dikumpulkan ke staff perpustakaan.

Menurut saya agar lebih produktif program literasi ini harus terus berjalan dan dituangkan hal-hal menarik, seperti mendatangi penulis, penerbit buku, motivator akan selalu membakar rasa semangat ingin tau yang tinggi, perlu mengadakan quiz bahan bacaan lalu mengapresiasinya dengan memberi hadiah kepada yang mampu menjawab atau lomba review bahan pustaka hasil karya siswa di ikut sertakan pada lomba antar sekolah/nasional dan mengajukan pengadaan bahan bacaan agar selalu terbaru koleksi-koleksi yang dimiliki.

Saya mendapat informasi bahwa SMAN 86 Jakarta menjadi sekolah penggerak yang kerap dihadiri oleh sekolah lain jika ada acara. Maka dari itu saya berharap perpustakaan SMAN 86 Jakarta terus berkembang membawa perubahan untuk generasi emas yang mampu bertahan dan melawan pesaing dari banyaknya pejuang.


Untuk membakar jiwa semangat membaca, lihat juga video pentingnya literasi dibawah ini!



Baca juga Pentingnya Literasi yaaa teman-teman, kalian kasih saran dan komen konten apa lagii untuk selanjutnya?! Bye..👋



4 Sifat Nabi Menjadi Panutan Untuk Umat Manusia

Peneladanan Sifat Nabi Muhammad Dalam Perilaku Manusia ✨Assalamu'alaikum semua!✨ Saya mau rekomendasikan ke kalian bahwa ada 1 artikel s...