Halaman

Selasa, 05 Desember 2023

4 Sifat Nabi Menjadi Panutan Untuk Umat Manusia

Peneladanan Sifat Nabi Muhammad Dalam Perilaku Manusia



✨Assalamu'alaikum semua!✨

Saya mau rekomendasikan ke kalian bahwa ada 1 artikel seru yang membahas tentang kekasih hati saya, Nabi Muhammad SAW. Saya mau review artikel keren ini sehingga kalian tertarik untuk berkunjung link dibawah ini. 

Dalam islam, Pribadi Rosulullah selalu menjadi contoh untuk semua makhluk di muka bumi, terkhususnya manusia harus membulatkan niat di hatinya bahwa mengikuti sifat nabi adalah kunci. Sifat nabi adalah sifat manusia yang paling sempurna, tidak ada kekurangan sedikitpun di dalamnya, hati nabi bersih, perilaku nabi suci. Sehingga pantas kita jadikan panutan dalam aspek apapun. 

Apa yang bikin artikel ini menarik? Karena isi pembahasannya tentang Nabi Muhammad, lalu kenapa? Jawabannya Karena Nabi Muhammad manusia pilihan, Nabi Muhammad adalah manusia tapi bukan manusia biasa, spesial pokoknya. Nabi mempunyai sifat Ash-Sidiq (benar), Al-Amanah (dapat dipercaya), Al-Fathanah(cerdas), tabligh (menyampaikan). Isi Artikelnya begini gengs. 

Ash-Sidiq (benar) 
Kecerdasan manusia terlihat dari kejujurannya, integritas yang dilihat pada masyarakat menjadi peran penting dalam membawa diri dengan mahkota. Jujur berarti perkataan, perbuatan, dan isi hatinya sesuai dengan yang diajarkan islam, jujur adalah suatu kebenaran, janganlah kita menjadi orang yang berkhianat, karena sesulit apapun jalannya menjadi jujur adalah pilihan yang tepat. 

Al-Amanah (dapat dipercaya)
Sudah melekat pada diri Rosulullah bahwa mempercayainya adalah sebuah keharusan, tidak heran lagi karen Rosulullah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Rosulullah pekerja keras, konsisten dan berkompeten sehingga saat ada orang lain yang menitipkan barangnya, Rosulullah mengembalikan barang tersebut tanpa berkurang sedikitpun. Menjadi contoh untuk umat manusia bahwa apa yang bukan milik kita jangan kita ambil haknya. 

Al-Fathanah (cerdas) 
Kecerdasan tidak hanya tentang ilmu, tapi kecerdasan emosional, religius, sosial, dan lain-lain dibutuhkan. Cerdas membawa kita menjadi lebih pandai membuat kualitas diri menjadi lebih baik melalui jalan intropeksi diri. Kecerdasan membuat hati benar-benar mengetahui siapa Pencipta Alam ini, kalau sudah mengenal pasti akan lebih taat dan cinta kepada Sang Pemilik Semesta. Contoh kecerdasan Nabi adalah ketika ada sahabat atau kaum lain yang bertanya, pasti Rosulullah mampu menjawabnya dengan tepat. 

At-Tabligh (menyampaikan) 
Rosulullah terlahir sebagai Nabi terakhir, mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril berdakwah menyampaikan ajaran agama Islam yang penuh rahmat. Dalam menyampaikan ajaran agama Islam perlu adanya kemampuan komunikatif dan pandai bersosial. Menyampaikan sesuatu yg dibawa memang tidak mudah diterima masyarakat, tapi dengan berdakwah memperkenalkan dan mengajak orang lain mengenal islam terdapat pahala yang bisa kita raih. 

Kelebihan: Terstruktur kalimat yang disampaikan
Kekurangan: Isinya perlu di lengkapi lebih banyak lagi



🦋Judul: Implementasi Sifat-sifat Rosulullah Dalam Konseling Behavior
🦋Penulis: Zaen Musyirifin
🦋Volume: 11 
🦋Nomor: 2
🦋Halaman: 151-160
🦋Waktu: Juli-Desember 2020
🦋P-ISSN: 2086-1257
🦋E-ISSN: 2685-8579
🦋DOI:10.15548/jbki.v11i2.2088
🦋URL: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/2088

Lihat juga penjelasan dari channel Al-Fachriyah ceramah Habib Jindan Bin Novel Bin Salim Bin Jindan







19 komentar:

  1. MasyaAllah, Sifat-sifat Rosulullah emang jadi panutan, jujur, amanah, cerdas, dan tabligh 🥺✨

    BalasHapus
  2. jadi penasaran untuk baca jurnalnya

    BalasHapus
  3. Sifat-sifat Rasulullah harus menjadi panutan hidup setiap manusia

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, Sifat Rosul yang harus kita tiru dan menjadi contoh umat manusia

    BalasHapus
  5. Masya Alloh...alhamdulillah...Tidak ada manusia Agung selain Rosullulloh, di senangi kawan di segani lawan.
    Mari kita contoh sifat-sifat yg ada pada diri Rosullulloh.

    BalasHapus
  6. Wahhhh masya Allah sekaliiii

    BalasHapus
  7. Masyallah banget informasi nya 🫶

    BalasHapus
  8. Masyaallah.. siraman qolbu

    BalasHapus
  9. masyaallah tabarakallah bundaa

    BalasHapus
  10. masyaallah bagusnya, semangat teruus ya buat penuliss

    BalasHapus
  11. artikel nya bikin melek nih supaya kita bisa selalu meneladani sifat baik rasulullah. terimakasi kaa suda mengingatkan

    BalasHapus
  12. Maa syaa Allah..🤍🖤🤍🖤 allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad ✨

    BalasHapus
  13. Maasyaa Allah. Semoga bisa meneladani sifat Rasul

    BalasHapus
  14. Masya Allah penulisannya sangat mudah dimengerti, semoga kita bisa meneladani sifat-sifat Rasulullah✨

    BalasHapus
  15. Kagum bangett dengan sifat-sifat Rasul

    BalasHapus
  16. Kita cari pemimpin, juga harus yang punya 4 sifat diatas. Pemimpin harus Cerdas dan pandsi, pandai berdiplonasi, pandai dalam memimpin pandai bergaul dll. Jujur, Amanah dan Tabligh,/ menyampaioan kebenaran.

    BalasHapus

4 Sifat Nabi Menjadi Panutan Untuk Umat Manusia

Peneladanan Sifat Nabi Muhammad Dalam Perilaku Manusia ✨Assalamu'alaikum semua!✨ Saya mau rekomendasikan ke kalian bahwa ada 1 artikel s...